Mencegah Dan Merawat Bibir Kering Akibat Lipstik Matte

Lipstik matte memang kurang cocok untuk wanita berbibir kering. Jika dipaksakan, bibir bisa kering, pecah-pecah, dan menghitam.
Mempunyai bibir merah merona, tidak kering, dan tidak pecah-pecah adalah dambaan setiap wanita. Maka tidak heran jika banyak dari mereka melakukan berbagai perawatan untuk memerahkan bibir. Bibir memang salah satu bagian tubuh yang cukup mencuri perhatian. Dan saat kita tidak merawat dengan baik, ada kemungkinan bibir mengalami beberapa masalah tersebut. Selain faktor perawatan, ada faktor lain yang dapat menyebabkan bibir tidak sehat. Salah satunya adalah karena kesalahan pemakaian lipstik. Karena saat ini sedang musim lipstik matte, bagi anda yang berbibir kering jangan paksakan untuk ikut memakai. Hasil sapuan lipstik ini memang cenderung tahan lama dan memberi aksen tegas. Namun terkadang memberi efek samping bibir semakin kering.

Masalah Bibir Yang Sering Dikeluhkan

Menurut survei pada beberapa wanita, ditemukan 3 masalah utama pada bibir. Utamanya mereka mengeluhkan bibir hitam. Sebagian wanita merasa minder memiliki bibir berwarna hitam. Karena bibir hitam akan mempengaruhi penampilan wajah dan membuat terkesan kusam. Masalah lain adalah bibir kering seperti yang telah tersebut diatas. Kesalahan fatal yang sering dilakukan saat mengatasi bibir kering adalah dengan membasahi menggunakan air liur. Cara ini justru akan membuat bibir semakin kehilangan kelembapan alaminya. Hal tersebut menjadikan lipstik susah menempel.

Masalah terakhir seputar bibir tidak lain adalah bibir pecah-pecah. Kondisi ini sangat mengganggu, karena akan menimbulkan rasa nyeri, perih, dan menimbulkan peradangan. Akan lebih parah keadaanya jika anda mengalami ketiga masalah tersebut. Pasti membuat anda kesulitan dalam memilih lipstik. Untuk itu, anda perlu melakukan pencegahan dan perawatan untuk menjaga bibir tetap sehat. Cara paling mudah adalah dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Selain untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh, air putih dapat menjaga kelembapan alami bibir.




Baca Juga : Popularitas Lipstik Matte Dan Cara Mendapatkannya

Perawatan Bibir Dari Efek Buruk Lipstik

Untuk mendapatkan bibir sehat, mulailah dengan menghindari penggunaan lipstik yang mengandung pewarna sintetis. Hindari pula lipstik berpewangi karena dapat menimbulkan iritasi. Gunakan pelembab bibir ketika anda akan beraktivitas dalam jangka waktu lama di luar ruangan. Pelembab bibir juga bisa digunakan sebagai alas saat anda ingin menggunakan lipstik matte. Jika ditemukan bibir mengelupas, gunakan sikat halus atau sponge untuk mengangkat sel kulit mati tersebut. Untuk pencegahan dari dalam, hindari makanan pedas dan panas. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan C.

Untuk mengobati bibir kering, pecah-pecah, dan hitam karena dampak pemakaian lipstik adalah dengan menggunakan madu. Olesan madu dapat membuat bibir kembali merah alami. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan madu sebelum tidur dan biarkan hingga keesokan paginya. Saat kita bangun segera bersihkan secara perlahan, sebaiknya lakukan minimal 3x seminggu.

Ada beberapa pencegahan yang dapat anda lakukan agar bibir tidak rusak karena lipstik. Sebelum mencoba produk sebaiknya oleskan dulu pada bagian belakang telinga dan biarkan selama 24 jam. Hal tersebut untuk melihat reaksi yang mungkin timbul. Lipstik bersifat dekoratif, maka carilah yang mengandung pelembab tinggi agar bibir tidak kering. Selain itu perhatikan detail kemasan lipstik, cek kandungan lipstik dan tanggal kadaluarsa. Masa kadaluarsa tidak boleh lebih dari satu tahun. Jika sudah beraroma tengik, sebaiknya tidak anda beli karena dapat menimbulkan alergi. Yang terpenting jangan mudah tergoda iklan lipstik murah atau mahal di pasaran, seperti lipstik matte yang sedang booming.
Mencegah Dan Merawat Bibir Kering Akibat Lipstik Matte | Mimin Bahenol | 5