Bahaya Kosmetik Yang Mengandung Mercury

Dalam tulisan kali ini adalah postingan yang sangat penting untuk diketahui yaitu bahaya kosmetik yang mengandung mercury jika dipakai untuk pemutih wajah ataupun untuk alat kosmetik yang lain seperti eyes shadow, lipstik, sabun dan masih banyak lagi jenis yang lain.

Kulit wajah yang putih dan bersih merupakan dambaan setiap wanita. Banyak diantara mereka menggunakan cara apa saja untuk mendapatkan rasa percaya diri agar dapat tampil dengan penampilan yang mempesona. Salah satu cara yang biasanya ditempuh oleh wanita dalam mempercantik diri adalah dengan menggunakan kosmetik yang mengandung mercury. Walaupun secara sadar mereka mengetahui ada kandungan mercury dalam produk yang dipakai.

Disini akan saya sebutkan beberapa bagian bahaya kosmetik yang mengandung mercury pada pemakainya :
  • Kulit akan tampak lebih hitam dari sebelumnya, ketika tidak lagi menggunakan kosmetik tersebut. Ini persis sekali apa yang diutarakan oleh teman saya yang sudah puluhan tahun berkecimpung dalam dunia industri kosmetik. Dan itupun ternyata pernah saya alami sendiri. Akhirnya saya tidak lagi menggunakan produk tersebut (sampai sekarang masih dijual dipasaran) dan menjadi pengalaman untuk selalu menggunakan produk yang aman dan bebas mercury.
  • Ketika akumulasi merkuri dalam tubuh sudah melewati ambang batas toleransi yang bisa diterima oleh kesehatan, tubuh akan timbul gejala keracunan merkuri dalam bentuk kerusakan ginjal dan gangguan kerja syaraf baik otak maupun tulang belakang. Pada gilirannya gejala ini akan menimbulkan kematian bagi yang mengalaminya.
  • Bisa menyebabkan gangguan perkembangan janin bahkan paparan jangka pendek dalam dosis tinggi juga dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan paru-paru serta merupakan zat karsinogenik (penyebab kanker) pada manusia. Sebaiknya anda tidak menggunakan kosmetik apapun ketika hamil, kalau perlu saat menyusui juga.

Sebenarnya penggunaan bahan-bahan tersebut dalam pembuatan kosmetik dapat membahayakan kesehatan dan dilarang digunakan, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 445/ MENKES/ PER/ V /1998 tentang bahan, zat warna, substratum, zat pengawet dan tabir surya pada kosmetik dan keputusan Kepala Badan POM No. HK. 00.05.4.1745 tentang kosmetik.


Baca Juga : Review Lipstik Wardah Matte

BPOM juga telah melakukan survei terhadap sejumlah pedagang kosmetik di sentra-sentra pasar tradisional maupun memeriksa lokasi penjual di sejumlah pasar di Pulau Jawa. Hasilnya sungguh sangat mencengangkan. Hampir di seluruh penjual produk kecantikan menjual produk bremercury tersebut. Produk ini dijual dengan harga cukup terjangkau. Namun ada juga yang berharga ratusan ribu rupiah.

Agar tak tertipu, calon konsumen harus benar-benar mempertimbangkan tiga hal berikut sebelum membeli produk kosmetik yang meragukan, diantaranya adalah : 
  1. Jangan membeli produk kecantikan yangtidak ada keterangan Bahasa Indonesia-nya. Terutama kalau produk itu impor. 
  2. Perhatikan bungkusnya. Jika kemasannya meragukan, jangan membeli atau memakai produk tersebut. 
  3. Jangan meneruskan memakai kosmetik yang membuat kulit iritasi atau semakin hitam jika absen memakai produk itu meski hanya sekali.

Agar tak semakin banyak konsumen yang dirugikan produk kecantikan sejenis, BPOM menyediakan satu line telepon pengaduan. Jika masyarakat merasa ragu terhadap kode produksi suatu jenis kosmetik, atau konsumen mengalami gangguan kulit setelah memakai satu produk kosmetik, konsumen bisa menghubungi nomor (021-426333).

Demikian sedikit informasi mengenai bahaya kosmetik yang mengandung mercury, Semoga bermanfaat buat anda.
Bahaya Kosmetik Yang Mengandung Mercury | Mimin Bahenol | 5