Akibat Malas Pada Kesehatan

Akibat Malas Pada Kesehatan, Pernahkah Anda membayangkan apa yang akan terjadi pada tubuh ketika malas? Untuk menjaga kesehatan tubuh tak hanya ditentukan oleh apa yang dimakan, tetapi juga seberapa sering aktif bergerak.

Sejumlah penelitian mengungkapkan, malas bergerak bisa menimbulkan berbagai risiko penyakit, mulai dari jantung hingga otak. Malas bergerak juga memengaruhi kekuatan tulang Anda, seperti meningkatkan risiko osteoporosis. Malas bergerak artinya Anda hanya duduk berjam-jam menatap layar komputer, laptop, atau handphone, menonton TV seharian, atau lebih banyak tidur.

Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk menjaga tubuh untuk tetap bergerak agar terhindar dari masalah kesehatan. Berikut beberapa Akibat Malas Pada Kesehatan, seperti dilansir laman Boldsky.



Akibat Malas Pada Kesehatan


1. Stres

Ketika tidak bergerak aktif, seseorang ternyata lebih mudah stres. Stres bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit.
Para ahli mengatakan, tingkat stres akan lebih rendah ketika tubuh bergerak aktif, seperti olahraga. Sebab, olahraga akan melepaskan endorfin, yang membuat suasana hati lebih baik atau bahagia.

2. Gangguan Tidur

Bergerak aktif dapat melepaskan hormon yang membuat Anda tidur nyenyak di malam hari. Sebaliknya, jika tubuh tidak aktif, maka tidak ada energi yang digunakan tubuh. Akibatnya, Anda bisa terjaga sepanjang malam saat waktunya tidur.

3. Tubuh Menjadi Lambat

Hal ini wajar saja jika Anda tidak aktif, metabolisme tubuh dan kecepatan melambat. Ini adalah salah satu hal terburuk yang terjadi pada tubuh Anda ketika Anda malas.

4. Tekanan Darah Tinggi

Seseorang yang malas bergerak akan lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, hingga kerusakan pada ginjal.

5. Meningkatkan Berat Badan

Masalah kegemukan atau obesitas sangat berkaitan dengan kurangnya aktivitas fisik. Malas bergerak membuat lemak dalam tubuh terus menumpuk sehingga meningkatkan berat badan. Jadi, bergerak aktif sangat penting untuk membakar kalori dari apa yang Anda konsumsi.

6. Masalah Pada Tulang

Tubuh Anda akan merespon ketika Anda tidak berolahraga. Otot dan tulang akan melemah seiring waktu. Ini adalah salah satu hal yang terjadi pad tubuh Anda ketika malas.

Itulah beberapa Akibat Malas Pada Kesehatan, semoga bermanfaat buat anda.
Akibat Malas Pada Kesehatan | Mimin Bahenol | 5