Penyebab Hepatitis A dan Pencegahan

Apa itu hepatitis A ? baru-baru ini diberitakan Sebanyak 17 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tinggal di asrama maupun rumah indekos di Dramaga, Kabupaten Bogor terjangkit hepatitis A. Hingga kini pihak kampus berupaya mengetahui penyebab tersebarnya penyakit tersebut ke mahasiswa.

Seluruh mahasiswa IPB yang terkena hepatitis A itu kini mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Karya Bhakti Pertiwi. Informasi diperoleh menyebutkan, jumlah mahasiswa tersebut terus bertambah dalam kurun waktu dua pekan. Bahkan, satu diantaranya meninggal dunia di Medan setelah sempat mendapatkan perawatan medis selama empat hari di RS Karya Bhakti Pertiwi. 

Lalu sebenarnya apa sih Hepatitis A ?

Hepatitis A adalah penyakit infeksi hati atau liver yang disebabkan virus hepatitis A. Penderita akan menunjukkan gejala seperti merasa lemas, mual, muntah, bahkan diare. Pada tahap selanjutnya, mata penderita akan bewarna kuning.


Penyebab Hepatitis A dan Pencegahan


Apa sih Penyebab Hepatitis A ?

Penyebab Hepatitis A menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi virus Hepatitis. Virus tersebut bersumber dari feses penderita yang disebut transmisi fecal-oral, sehingga faktor kebersihan di sini sangat penting. Virus ini akan mati pada suhu lebih dari 85'C dan bisa dicegah dengan perbaikan sanitasi, memperhatikan faktor higienitas yang menurunkan risiko penularan.

Bagaimana Pencegahan Hepatitis A ? 
  1. Hindari makan makanan yang tidak dimasak, seperti buah dan sayur atau lalapan yang tidak terjamin kebersihannya.
  2. Hindari minum air yang tidak dimasak atau diragukan kebersihannya. Disarankan untuk menghindari air galon isi ulang yang tidak terjamin kebersihannya.
  3. Pilihlah makanan yang dimasak dan lebih baik yang masih dalam keadaan panas. Hindari membeli minuman dingin yang menggunakan es batu untuk menghindari konsumsi es batu yang dibuat dengan air yang tidak dimasak.
  4. Sediakan sabun antiseptik di seluruh kamar mandi. Setiap orang yang keluar dari kamar mandi wajib mencuci tangannya dengan sabun tanpa terkecuali. 
  5. Cuci tangan dengan sabun sebelum makan. Jika perlu, bawa sendok dan garpu sendiri. Antiseptik alkohol atau hand sanitizer tidak efektif membunuh virus hepatitis A. 
  6. Jaga kebersihan lingkungan dan memilih kantin atau warung yang bersih juga sehat. Jangan sembarangan membeli makanan !

Itulah Penyebab Hepatitis A dan Pencegahan, semoga bermanfaat buat anda.
Penyebab Hepatitis A dan Pencegahan | Mimin Bahenol | 5