Manfaat Brokoli Bisa Jadi Obat Kanker

Manfaat Brokoli Bisa Jadi Obat Kanker, Ada sebuah penelitian baru dimana sayuran brokoli bisa menangkal dan mengobati kanker. Studi demi studi memperlihatkan bahwa sayur silangan, terutama brokoli, mempunyai kemampuan menangkal kanker dalam satu dan lain cara. Salah satu studi terbaru menemukan enzim yang spesifik ditemukan pada sayur silangan bisa mencegah kanker tertentu untuk tumbuh kembali, dengan membunuh stem sel kanker tersebut. Studi lain menunjukkan ekstrak kecambah brokoli mengurangi resiko kanker mulut pada tikus yang pernah terkena penyakit tersebut.

Sekarang, studi terbaru dari Texas A&M Health Science Center beralih kepada senyawa yang lebih spesifik pada brokoli dan sayur silangan lainnya yang dikenal sebagai ‘sulforaphane’, dan diketahui bukan hanya mampu mencegah kanker, namun juga bisa digunakan untuk membantu mengobati kanker. Para ilmuwan di sana menemukan sebuah enzim dalam sayuran brokoli dapat mencegah kambuhnya kanker dengan membunuh sel-sel induk kanker.

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti melibatkan sekitar 28 peserta dengan usia di atas 50 tahun dan sedang menjalani kolonoskopi rutin. Kolonoskopi adalah pemeriksaan untuk mendeteksi ketidaknormalan pada usus besar dan anus.Para peserta ini diminta untuk menyelesaikan survei tentang kebiasaan makan sayur dan memantau tingkat p-16, gen supresor tumor pada usus besar mereka.




Manfaat Brokoli Bisa Jadi Obat Kanker


Orang-orang yang mengonsumsi berbagai jenis sayuran setiap hari memiliki kadar tinggi p-16 yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang makan sayuran. Para peneliti percaya bahwa hal ini terjadi karena sulforaphane memicu tubuh untuk mengubah gen agar lebih cepat mencegah pertumbuhan tumor.

Banyaknya suplemen BSE yang bisa didapatkan dipasaran, para peneliti mengatakan bahwa mereka tidak sepenuhnya yakin suplemen-suplemen tersebut aman atau bekerja dengan efektif. Jenis yang mereka gunakan ternyata memang bekerja dengan baik, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hasil yang lebih meyakinkan.

Para peneliti juga mengatakan bahwa mungkin ada beberapa risiko penggunaan BSE jangka panjang. Sulfoprane memperkenalkan protein yang disebut Nrf2 yang dapat melawan kanker. Tetapi protein ini juga dapat berkontribusi pada penumpukan plak di arteri. 

Peneliti menyarankan untuk melakukan konsultasi sebelum mengonsumsi suplemen tersebut. Untuk mendapatkan manfaat suplemen tersebut, mengonsumsi sayuran secara teratur adalah cara yang aman untuk dilakukan.

Bagaimana menurut pendapat anda, Apakah Manfaat Brokoli Bisa Jadi Obat Kanker ?
Manfaat Brokoli Bisa Jadi Obat Kanker | Mimin Bahenol | 5