Cara Mencegah Karang Gigi

Bagaimana Cara Mencegah Karang Gigi ? Karang gigi merupakan lapisan keras dan kasar pada gigi. Bentuknya seperi kerak dengan warna kekuningan, kecokelatan atau kehijauan. Umumnya, karang gigi disebabkan oleh permukaan gigi yang telah dihuni oleh bakteri. Bakteri yang menumpuk ini awalnya hanya membentuk plak saja, namun karena tak dibersihkan dengan baik, maka plak bisa berkembang menjadi karang gigi.

Kalkulus gigi atau yang biasa disebut karang gigi terbentuk dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi atau perikel dan bakteri. Di dalam mulut terdapat lebih dari 350 jenis bakteri yang dapat menyebabkan karies. Jika banyak sisa makanan yang tidak dibersihkan, bakteri akan mencernanya dan lama kelamaan menyebabkan karang gigi.

Banyak hal mengenai perawatan gigi dan gusi yang kurang dipahami betul oleh banyak orang. Menyikat gigi sebanyak dua kali sehari dianggap sudah memenuhi kewajiban untuk memiliki gigi dan mulut yang sehat. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai perawatan gigi dan gusi yang wajib Anda ketahui.



Cara Mencegah Karang Gigi


Berikut Fakta Seputar Perawatan Gigi dan Gusi :

1. Penggunaan sikat gigi bagi pengguna kawat ortho

Saat seseorang memakai kawat ortho atau kawat gigi, gusi menjadi sangat rentan terhadap penyakit, karena lebih susah membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel. Itulah mengapa pengguna kawat ortho harus selalu membawa sikat gigi.

2. Obat kumur

Penggunaan obat kumur atau mouthwash juga sering dianjurkan oleh dokter kepada pasien. Sama dengan anjuran untuk menggunakan pasta gigi berfloride dan memilih sikat gigi berbulu lembut, Mouthwash dianjurkan bagi mereka yang memiliki risiko gigi berlubang yang tinggi atau penyakit gusi yang kronis. Sebaiknya, pilih mouthwash yang tidak mengandung alkohol agar tidak akan mengganggu keseimbangan di ronga mulut. 

3. Permen karet

Permen karet yang mengandung bahan xylythol memang sering pula dianjurkan oleh dokter gigi. Namun, tentu saja ada dosis xylythol yang harus dicapai untuk mencegah gigi berlubang. Permen karet akan merangsang kelenjar air ludah untuk lebih banyak menghasilkan air ludah. Kondisi ini sangat bermanfaat pada kebersihan rongga mulut karena memiliki efek "self cleansing" dan membantu membersihkan sisa-sisa makanan, menjaga kadar keasaman supaya tetap berada di posisi yang netral serta mempunyai efek antibakteri.

4. Konsumsi makanan-makanan berserat seperti sayur dan buah 

Mengkonsumsi buah dan sayur dapat merangsang kelenjar air ludah menghasilkan lebih banyak air ludah, sehingga self cleansing pun menjadi lebih baik.

Untuk mencegah karang gigi, Anda perlu secara rutin membersihkan gigi, dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari, dan gunakan benang gigi. Penggunaan benang gigi pada sela-sela gigi yang menjadi tempat penumpukan makanan akan mencegah terjadinya karang gigi. Tempat yang paling sering dihuni oleh karang gigi adalah bagian samping gigi geraham atas dan bagian dalam gigi seri bawah. Hal ini akibat kelenjar air liur yang menyebabkan terlepasnya kalsium yang mudah diserap oleh plak yang tertinggal. Selain itu, ajak juga kunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut.

Itulah Cara Mencegah Karang Gigi, Semoga bermanfaat buat anda ?
Cara Mencegah Karang Gigi | Mimin Bahenol | 5