Bahaya Sepatu Flat Shoes Buat Kaki

Selama ini sepatu hak tinggi sering disalahkan sebagai penyebab rasa sakit pada kaki. Namun sepatu tanpa hak alias sepatu datar (flat shoes) juga bisa sebabkan hal tersebut terjadi. Anda selalu menganggap dengan flat shoes kaki akan baik-baik saja dan terhindar dari nyeri sendi. 

Sepatu flat adalah salah satu jenis sepatu yang cukup menjadi favorit bagi wanita. Desain yang terlihat simpel dan nyaman membuat sepatu ini menjadi pilihan. Tetapi ternyata sepatu ini tidak senyaman yang terlihat dan memiliki efek negatif yang sama dengan high heels.

Saat menggunakan sepatu flat, distribusi dari tekanan ketika melangkah menjadi terpusat pada titik-titik tertentu sehingga meningkatkan potensi cedera. Daerah yang paling rawan terkena masalah ini adalah pada telapak kaki, pergelangan, dan juga tubuh bagian atas.

Pada saat menggunakan sepatu flat, otot di kaki, pembuluh darah dan sendi di bagian kaki menanggung beban tiga kali lipat lebih banyak. Ini yang menyebabkan kaki mudah merasa kram, nyeri, sakit punggung hingga linu pada lutut.



Bahaya Sepatu Flat Shoes Buat Kaki


Masalah lain yang dapat muncul adalah munculnya plantar fasciitis, rasa sakit, dan radang pada persendian dan bagian bawah dari kaki. Tekanan yang terlalu berat dan tidak merata ketika berjalan merupakan penyebab dari munculnya masalah ini. Flat shoes juga dapat menyebabkan nyeri tumit, kaki pecah-pecah, nyeri pinggul, bahkan keretakan pada tulang telapak kaki. Hal ini dikarenakan flat shoes tidak memiliki bantalan empuk yang dapat menahan kaki saat berjalan.

Oleh karena itu jika Anda merasakan kaki sakit, lelah, dan bengkak usai memakai sepatu baru lebih dari dua hari, maka itu tidaklah wajar.

Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah dengan menggunakan alas tambahan di bagian dalam sepatu. Selain itu usahakan agar jangan menggunakan sepatu flat dalam jangka waktu yang lama. Atau mungkin Anda juga dapat mengganti sepatu flat dengan sneaker.

Bagaimana apakah anda sudah mengetahui Bahaya Sepatu Flat Shoes Buat Kaki ?
Bahaya Sepatu Flat Shoes Buat Kaki | Unknown | 5