Diet Vegetarian - Antara Mitos dan Fakta

Diet Vegetarian - Antara Mitos dan Fakta, Banyak orang mulai beralih ke diet vegetarian dengan alasan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Apa Anda tergoda untuk mengikuti jejak mereka namun masih merasa enggan karena mendengar banyak mitos tentang sulitnya ikut diet vegetarian. Kesalahpahaman selama bertahun-tahun tentang diet vegetarian, mengakibatkan banyak orang tidak mau menjadi seorang vegetarian.

Sebelumnya kita terlebih dahulu menjelaskan apa itu vegetarian ? Vegetarian merupakan diet berbasis sayuran, buah, kacang dan biji-bijian tanpa mengonsumsi daging. Meski begitu, kaum vegetarian masih dapat mengonsumsi produk dairy atau olahan susu dan produk hewani yang didapat tanpa harus membunuh hewan seperti telur. Produk susu sendiri antara lain terdiri dari keju, krim, margarin, yogurt dan masih banyak lagi.

Pola diet vegetarian selama ini merupakan jenis diet yang paling populer di dunia. Para selebriti dunia seperti Beyonce, Anne Hathaway dan Ariana Grande pun telah lama mengadopsi pola diet tersebut.

Informasi dari Times of India, terdapat beberapa mitos dan fakta tentang diet vegetarian.




Diet Vegetarian - Antara Mitos dan Fakta

1. Tanaman Tidak Mengandung Banyak Protein

Daging bukan satu-satunya makanan yang mengandung protein. Kalau diteliti hampir semua makanan mengandung protein walau sedikit. Jumlah protein yang terdapat dalam 100 gram buncis sama dengan protein dalam steak dengan berat yang sama. Semua bentuk kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Suka tempe? Makanan khas Indonesia ini kaya akan protein nabati.

2. Vegetarian Tidak Mendapatkan Cukup Kalsium

Kebanyakan orang berpikir kandungan kalsium hanya bisa didapatkan dari susu dan keju. Susu memang memiliki kandungan kalsium tinggi, namun jangan salah jika sayur-sayuran khususnya sayuran hijau juga memiliki kandungan kalsium. Kaum vegetarian biasanya terhindar dari osteoporosis karena tubuh mereka dapat mengubah makanan berkalsium yang lebih mudah dicerna.

3. Vegetarian Sudah Jelas Langsing

Tidak semua vegetarian pasti langsing atau sehat. Mereka yang menggantikan konsumsi daging mereka dengan makanan olahan tidak mendapatkan manfaat dari diet sayuran. Makanan olahan, walaupun dari sayur mengandung banyak gula garam yang merugikan kesehatan. Bagaimanapun tetap lebih baik tetap konsumsi sayur dan buah, bukan makanan olahan.

4. Diet Vegetarian Tidak Cocok Untuk Anak

Asumsi anak membutuhkan daging demi masa pertumbuhan mereka seakan-akan mengatakan bahwa protein dari tanaman tidak sebagus protein dari daging. Protein adalah protein, semuanya terbuat dari asam amino. Anak-anak membutuhkan setidaknya 10 asam amino esensial untuk dapat berkembang dengan baik dan asam amino ini tidak hanya tersedia pada daging.

5. Vegetarian Berarti Tidak Boleh Makan Daging Sama Sekali

Kalau Anda belum rela melepaskan kebiasaan makan daging Anda, tidak ada salahnya untuk mulai pelan-pelan. Kalau Anda terbiasa konsumsi daging setiap hari, coba pilih 3 hari dalam seminggu dimana Anda hanya boleh mengonsumsi sayur dan buah. Cara ini terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Jadi Anda tetap dapat makan daging tapi perlahan belajar jadi vegetarian.

6. Makanan Vegetarian Membosankan

Mengikuti diet vegetarian tidak berarti Anda hanya boleh makan salad setiap hari. Banyak variasi makanan nikmat yang hanya terbuat dari sayur selain salad. Anda cukup bereksperimen dengan banyaknya sayur-mayur yang ada dan ciptakan resep bebas daging kesukaan Anda.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan gaya hidup yang semakin mengedepankan pola makan menyehatkan, masyarakat Indonesia akan semakin menyadari pentingnya mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Ia melihat akan semakin banyak pula orang yang mengadopsi diet vegetarian dan vegan.

Agar Anda menjadi konsumen yang bijaksana dan selalu membaca kemasan sebelum membeli produk makanan. Itu karena ada beberapa restoran di dunia yang menyajikan menu hidangan vegetarian dalam bentuk hidangan biasa seperti steik tapi terbuat dari tempe atau jamur.

Bagi kaum vegetarian pemula atau mereka yang ingin mengadopsi pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi sayuran.

Itulah Diet Vegetarian - Antara Mitos dan Fakta, semoga bermanfaat buat anda.
Diet Vegetarian - Antara Mitos dan Fakta | Mimin Bahenol | 5