Penyebab Tangan Nyeri dan Pencegahan

Penyebab Tangan Nyeri dan Pencegahan - Dalam melakukan aktivitas harian, kita selalu membutuhkan tangan untuk berbagai fungsi. Tangan digunakan untuk melakukan kegiatan umum seperti mengetik di atas keyboard dan memegang ponsel, sampai yang spesifik seperti memegang raket saat bermain bulu tangkis. Ibu rumah tangga yang biasa melakukan berbagai aktivitas di rumah menghadapi bahaya. Aktivitas dengan tangan yang berulang dan berlebihan bisa memicu nyeri di tangan. Semua kegiatan harian berisiko sebabkan nyeri tangan.

Nyeri pergelangan tangan bisa disebabkan gangguan di salah satu dari struktur pembangun di tangan, seperti sendi, tulang, ligamen, kapsul, maupun tendon. Nyeri pergelangan tangan dapat dialami semua orang dari berbagai profesi, aktivitas, maupun umur.

Beberapa alasan cedera tangan adalah :

Cedera TFCC
Triangular Fibrocartialgo Complex (TFCC) atau pergelangan tangan adalah pertemuan tiga tulang di pangkal tangan dan dua ujung tulang besar lengan bawah. Pergelangan rentan cedera, umumnya ketika tubuh kita menahan tubuh yang terjatuh atau saat melakukan yoga yang harus menahan berat tubuh di tangan.

Cedera pada TFCC bisa sebabkan rasa sakit. Cedera ringan mungkin tidak sebabkan akibat fatal, namun cedera ringan akibat aktivitas yang repetitif atau berulang bisa mengakumulasi peradangan. Cedera TFCC yang parah menurut, dr Margaret bisa memerlukan pemeriksaan dan tindakan segera.


Penyebab Tangan Nyeri dan Pencegahan

Baca Juga : 8 Akibat Jika Kurang Tidur

Retak di tulang skafoid

Tulang skafoid adalah tulang yang berada di bawah sisi jempol. Tulang tersebut bisa retak setelah adanya cedera berat yang memicu sakit. Sakit akibat keretakan yang tidak ditangani segera dapat memutus jalur pembuluh darah yang berfungsi memberi makan tulang, kata dr Margaret.

Keretakan yang didiamkan juga bisa sebabkan tulang patah, dan itu akan membuat patahan tulang sulit menyambung bahkan mati. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi biomekanik pergelangan tangan atau berubah menjadi penyakit degeneratif atau arthritis, lanjutnya. Apa yang harus dilakukan? Sebelum terlambat, penyambungan tulang degan skrup dapat dilakukan.

Rematik atau Artritis Rematoid

Sejauh ini penyebab pasti AR tidak diketahui, namun autoimun (kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel baik) adalah ciri utama penyakit ini. Tanda dan gejala dari rematik artritis rematoid ini seperti sakit sendi yang biasanya disertai dengan panas, kemerahan, nyeri, dan bengkak. Dan ini umumnya dikeluhkan di pergelangan dan buku-buku jari tangan.

Nyeri pada pergelangan tangan jangan dianggap sepele dan perlu dilakukan pemeriksaan, apalagi jika nyeri tak kunjung hilang. Meski terlihat tidak terlalu berbahaya, nyeri pergelangan tangan dapat mengganggu produktivitas.

Untuk memastikan apa penyebab nyeri tangan, dianjurkan pemeriksaan dilakukan oleh dokter. Nyeri tangan akibat inflamasi bisa disebabkan berbagai alasan, sehingga penanganan perlu dilakukan secara individual.

Sedangkan untuk Pencegahan Tangan Nyeri lakukan prosedur kerja dan aktifitas harian anda dengan benar, setiap aktifitas pekerjaan pasti ada SOP (Standart Operational Procedure). Nah dengan SOP ini anda bisa mengantisipasi kemungkinan bahaya atau kecelakaan pada pergelangan tangan anda. Disamping itu juga terapkan Job Safety Analysis (Analisa Keselamatan dalam Bekerja). Jadi sebelum anda melakukan aktifitas harian, pastikan pekerjaan anda dalam keadaan aman baik bagi diri sendiri maupun orang disekitar anda.

Itulah Penyebab Tangan Nyeri dan Pencegahan, semoga bermanfaat buat anda.
Penyebab Tangan Nyeri dan Pencegahan | Mimin Bahenol | 5