Video Game 3D Bisa Cerdaskan Otak

Apakah Anda sangat menggemari video games 3 dimensi (3D)? Jika memang iya, mungkin hal itu tidak buruk bagi Anda karena ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa permainan video game 3D, selain memang sangat menyenangkan, juga mampu meningkatkan pembentukan daya ingat.

Rutin berolahraga terbukti bisa meningkatkan kesehatan otak yang berhubungan dengan memori. Namun bila Anda menginginkan cara yang lebih menyenangkan, Anda bisa mengombinasikan olahraga dengan bermain game tiga dimensi.

Para peneliti di University of California Irvine (UCI) menemukan, bermain game tiga dimensi bisa membantu seseorang dalam mengingat sesuatu lebih baik lagi.

Penemuan ini dinilai dapat digunakan untuk merancang pendekatan baru dalam mencegah atau mengobati demensia maupun penyakit kehilangan memori lainnya.

Profesor Craig Stark dan Dane Clemenson dari pusat UCI bagian neurobiologi dan memori telah menguji siswa yang tidak aktif bermain game untuk menghabiskan setengah jam setiap hari selama dua minggu bermain video game. Beberapa peserta diberi permainan dua dimensi Angry Birds, sementara yang lain memainkan Super Mario 3D.



Video Game 3D Bisa Cerdaskan Otak


Sebelum dan sesudah periode 2 minggu bermain game tersebut, para siswa diberikan tes ingatan yang melibatkan hippocampus otak, bagian yang berhubungan dengan berpikir kompleks dan ingatan.

Para siswa tersebut diberikan rangkaian gambar dari objek-objek yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari untuk dipelajari. Kemudian mereka diberikan gambaran-gambaran dengan objek yang sama, objek baru dan lainnya yang mempunyai sedikit perbedaan dari gambar awal dan mereka diminta untuk membaginya dalam beberapa kategori.

Para peneliti menggunakan scan untuk memeriksa bagaimana hippocampus, wilayah otak yang bertanggung jawab untuk pembentukan memori dan belajar, dirangsang oleh permainan tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan perbedaan antara kedua kelompok. Peserta yang bermain video game 3D mengalami peningkatan memori dan kemampuan belajar setelah 2 minggu bermain video game. Sementara, peserta yang bermain game 2D tidak mengalami perubahan apapun. Kemampuan ingatan meningkat sebanyak 12 persen, dan jumlah ini sama dengan jumlah penurunan ingatan secara normal yang dialami oleh orang-orang berusia 45 dan 70 tahun.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk bermain Video Game 3D ? Semoga Video Game 3D Bisa Cerdaskan Otak bisa bermanfaat buat anda.
Video Game 3D Bisa Cerdaskan Otak | Mimin Bahenol | 5